mengatasi komputer gagal booting

mengatasi komputer gagal booting, ini merupakan suatu masalah yang dapat terjadi di komputer atau laptop yang paling sering kali terjadi.
mengatasi komputer gagal booting

Teknologiku22.my.id- komputer gagal booting . kegagalan boting ini merupakan suatu masalah yang yang paling sering terjadi pada  komputer atau laptop. Kondisi ini terjadi saat perangkat dihidupkan, tetapi sistem tidak mau masuk ke bootscreen Windows, jadi stuck di logo windows.

Penyebab Laptop atau Komputer Gagal Booting

                      


Untuk penyebab kegagalan booting sendiri ada beberapa penyababnya. Nah, maka dari itu sebelum kita melanjutkan ke cara-cara mengatasi komputer gagal botiing, mari kita bersama-sama ketahui dulu, apa saja masalahnya yang  menyebabkan terjadinya gagal booting tersebut.


Penyebab gagal booting, di antaranya:

1. Sistem Operasi Yang Tidak Kompatibel 

Bagi kamu yang menggunakan perangkat keras pada seri lama, terkadang masalah kompatibilitas dapat terjadi. 

2.Adanya virusnya di dalam komputer atau laptop

Yang ini masih berhubungan dengan sistem. Virus juga dapat merusak file – file yang ada di dalamnya . Hal ini lah yang dapat membuat komputer kamu tidak dapat membaca data, dan akhirnya terjadi kegagalan booting.

3. Terjadi Kerusakan Pada Sistemnya

kondisi ini terjadi di mana sistem secara tidak sengaja dimodifikasi, yang  mengakibatkan kegagalan fungsi.

4. Adanya Kerusakan Pada Perangkat Keras

Gagal booting juga dapat terjadi karena kerusakan pada hardware. Kerusakan seperti ini, bisa dianalisis lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Gagal Boot

Sejujurnya, saya juga pernah mengalami ini berulang kali.

Nah, jika kamu juga mengalami masalah yang ini, jangan panik. Karena menurut saya, untuk memperbaiki masalah gagal booting juga tidak terlalu sulit kok.

Silahkan kamu simak caranya berikut ini:

1. Menggunakan fitur Pemulihan Sistem



mengatasi komputer gagal booting
 

Pemulihan sistem merupakan sebuah  fitur yang ada di Windows yang memungkinkan kita untuk mengembalikan semua perubahan pada sistem windows.

Cara ini bisa sangat efektif, karena semua damage yang ada, bisa kita kembalikan lagi sampai sistem kembali normal.

Berikut cara-caranya:

1. nyalakan komputer kamu
2. Setelah melewati layar BIOS, tekan tombol F8 berulang kali yang berguna untuk menampilkan opsi boot
3. Kemudian pada menu tersebut ,kamu pilih Repair Your Computer .
4. Temukan dan buka  Opsi Pemulihan Windows (System Restore)

2. Masuk ke Safe Mode

mengatasi komputer gagal booting
Safe Mode merupakan fitur yang dimana kita dapat masuk ke Windows, tanpa menggunakan bantuan tambahan software atau driver yang berjalan di dalamnya.

Bisa dibilang itu adalah versi dasar Windows yang dapat kamu gunakan.

Tidak seperti pada Windows biasa, Safe Mode ini pada umumnya tetap terbuka, meskipun komputer atau laptop kamu dalam kondisi gagal booting.

Silahkan kamu simak cara-caranya berikut ini:

1.Silahkan nyalakan komputer kamu seperti biasa.
2. Kemudian tekan tombol F8 berulang kali.
3.Selanjutnya  pada opsi Boot, kamu pilih Safe Mode.

langkah berikutnya:
mengatasi komputer gagal booting

1. Pertama, tekan tombol + R .
2. Selanjutnya kamu ketikan "CMD".
3. Kemudian masukkan perintah
%systemroot%system32restorerstrui.exe.
4. Klik Enter.
5. Kemudian kamu buka Pemulihan Melalui CMD
6. Kemudian kik pada Kembalikan Komputer Saya ke Waktu Sebelumnya ( Restore My Computer to an Earlier Time).
7. Klik Berikutnya (next) 

3. Pindai Menggunakan Antivirus

mengatasi komputer gagal booting
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, yang dimana virus juga bisa  merusak file-file sistem yang ada didalamnya, hingga pada akhirnya komputer atau laptop. 

Untuk mengatasinya, kita hanya perlu menggunakan sebuah sofware antivirus yang biasa digunakan.

caranya cukup gambang, kamu cukup membuka aplikasinya kemudian memulai pemindaian apakah ada virus di komptuer/laptop kamu , jika kamu pengguna windows 10 kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi antivirus karena windows 10 ini sudah dilengkapi dengan windows security

4. Instal ulang Windows

Jika kamu sudah melakukan cara diatas tetapi masih sama saja, tidak ada perubahan sama sekali pada komputer atau laptop kamu. maka solusinya agar semua masalah dapat terselesaikan dengan baik adalah dengan menginstall ulang windows di komputer atau laptop kamu.

jadi, nanti semua masalah baik itu , bug , adanya eror, file sistem yang tidak sengaja dimodifikasi itu semua akan normal kembali setelah kamu install ulang windows pada komputer kamu.

Oh iya satu lagi saran saya, jika komputer kamu terkena virus dan kamu melakukan install ulang sebaiknya hapus saya semua data yang ada di disk .

sebelum kamu melakukan ini sebaiknya jangan lupa untuk menyimpan data- data penting kamu agar tifak hilang nantinya. 


5. Coba Kamu Priksa Hard Drive komputer kamu

Sebelum nya saya ingin bertanya apakah komputer kamu mengalami performa yang exstrim atau signitif ? Jika iya, bisa jadi harddisk kamu  memiliki bad sector. 

Apa itu bad sector? 

Bad sector  merupakan suatu istilah yang pakai ketika terdapat satu sektor di dalam hard disk yang mengalami suatu kerusakan. Sektor yang rusak tersebut dapat   membuat data tertentu tidak terbaca.
 
Pada awalnya komputer kamu akan menagalami penurunan kinerja. Seiringnya waktu jika tidak segera di atasi akan terjadi kerusakan lain seperti ini boot failure.

Soluisnya kamu mengecek terlebih dahulu hard disk kamu. 

Cara mengetahui hard disk kita mengalami masalah gimana?

untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan aplikasi HDTune atau Harddisk Sentinel.

jika hard disk kamu mengalami kerusakan maka kamu harus menggantinya dengan yang baru , karena hard disk ini sangat sulit untuk diperbaiki.

6. Coba Cek RAM Komputer kamu

Bisa jadi masalah gagal booting diakibatkan karena RAM yang kotor, tidak terpasang dengan benar, atau rusak juga dapat mengakibatkan sistem tidak menampilkan apa pun saat startup.

jika ram kamu rusak maka komputer kamu pada saat melakukan startup akan mengalami blackscreen.

Berikut cara-caranya:

1. Silahkan bongkar komputer atau laptop kamu.
2. Kemudian Lepaskan RAM-nya.
3. Bersikan kuningan ram kamu menggunakan pengharus , kamu harus berhati-hati saat membersikan ini karena jika ada yang tergores sedikit akan berakibat ram kamu tidak akan terbaca oleh komputer kamu.
4. JIka sudah selesai, pasang kembali ram kamu
5. jika masalahnya ada di ram yang kotor maka pada saat mengalakukan startup akan normal kembali

7. Tidak Bisa Boot Karena Muncul "No Bootable Device"

Nah, masalah ini biasanya diakibatkan karena hard drive tidak terpasang dengan benar mungkin kablenya yang longgar atau apanya kamu bisa cek lagi, atau pengaturan BIOS komputer kamu belum diatur dengan benar pastikan boot priority diatur ke system.

8. Prosesor yang terlalu panas

Jika processor kamu yang sudah overheat bisa juga menyebabkan komputer kamu gagal booting yang dimana pada saat komputer kamu dinyalakan maka akan me-restart kembali

untuk mengatasinya silahkan simak berikut ini:

Pertama coba kamu cek terlebih dahulu kondisi Heatsink dan fan Processor, apakah fan masih bisa berputar dengan normal, kotor atau adanya sebuah kerusakan sehingga fan prosesor terlepas dari dudukannya. 

Kalau komputer atau laptop kamu masih bisa masuk ke BIOS,kamu bisa lihat di  temperatur processor pada bagian Hardware Monitor. Pastikan kondisi fan dan heatsink processor kamu  dalam keadaan normal, sehingga processor tidak mengalami overheat.

9. Komputer Tidak dapat Booting Karena Terdapat File Corupt

Masalah ini bisa terjadi karena diakibatkan karen file yang hilang atau mungkin rusak. file corupt juga bisa terjadi pada saat menglakukan install ulang windows, karena sudah bawaan dari iso windows-nya atau file master.

Cara mengatasinya:

coba cek ram kamu, jika kamu memasang 2 ram dengan type atau merek ram yang berbeda. biasanya akan muncul pesan error sistem windows corupt, maka, kamu harus melepaskan salah satu  memory yang tidak sejenis. 

Kesimpulan

masalah ini bisa diakibatkan karna adanya ram yang tidak terbaca, hardisk yang tidak terpasang dengan baik , sytem operasi yang tidak kompatible, adanya virus pada komputer.

Nah, itulah langkah-langkah cara mengatasi dan penyebab komputer atau laptop gagal booting. kamu juga bisa menganalisa apa yang menyebabkan komputer kamu gagal booting dengan menggunakan bantuan aplikasi  CD UBCD for Windows atau Hiren’s Boot  CD. selamat mencoba dan semoga berhasil.




tkutdcgutdkgfvjhvhjvjhvhvhhv