Cara Mengatasi Bluescren Error Code 0xc000000e

Cara Mengatasi windows 10 eror 0xc00000e masalah ini mungkin menjadi tantangan kamu sekarang kesalahan 0xc000000e,maka bisa jadi karena faktor seperti

windows 10 mengalami kesalahan 0xc00000e mungkin menjadi tantangan kamu sekarang, tetapi di dalam artikel ini, kamu akan belajar bagaimana cara memperbaiki kode kesalahan ini dan menghilangkannya.

Jika kamu dihadapkan dengan kode kesalahan 0xc000000e, maka bisa jadi karena faktor seperti konfigurasi drive yang salah atau karena kegagalan perangkat keras. Bisa juga diakibatkan karena sistem operasi kamu yang  tidak dapat menemukan lokasi bootnya atau file winload.exe rusak dan karenanya, tidak dapat diakses. 

Untuk dapat mengatasi semua faktor ini dan memperbaiki kode kesalahan 0xc00000e, kamu harus mengikuti dengan cermat, metode yang saya berikan di dalam artikel ini.  

Cara Mengatasi Error Pada Windows 10 Code 0xc000000e bluscren

    Dengan metode berikut, kamu dapat memperbaiki kode kesalahan pemulihan 0xc00000e. Sekarang, metode yang kamu pilih untuk digunakan akan ditentukan oleh penyebab kesalahan pada casing PC kamu. 

Metode 1: Periksa Koneksi Perangkat Fisik (Hardware)

    Mulailah dengan memeriksa apakah ada perangkat eksternal yang terhubung ke PC kamu. Cara ini penting karena jika BIOS atau UEFI dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga perangkat eksternal lebih tinggi pada skala urutan preferensi boot dari pada harddisk komputer kamu, maka itu akan mempengaruhi proses booting. 

Komputer kamu akan mencoba boot ke disk eksternal, bukan ke hard disk sistem kamu. Ini dapat menyebabkan komputer kamu boot ke kode kesalahan ini 0xc000000e. 

Contoh perangkat eksternal yang dapat menyebabkan masalah tersebut termasuk CD, Pen Driver, DVD, Perangkat Penyimpanan USB lainnya, dan sebagainya. 

Metode 2: Bangun kembali File BCD (Boot Configuration Data)

    File Boot Configuration Data (BCD) berisi parameter untuk konfigurasi boot, parameter tersebut menunjukkan cara mem-boot sistem operasi Windows kamu. Dengan demikian, BCD yang rusak akan menimbulkan masalah pada PC kamu, yang menyebabkan kesalahan ini. Untuk membangun kembali file BCD kamu, kamu perlu membuat media yang dapat di-boot dari ISO, memasukkannya ke komputer Windows 10 kamu, dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Setelah komputer kamu melakukan booting dari media yang dapat di-boot yang telah kamu buat, pilih tombol "Next" yang kamu lihat di kanan bawah layar. 

                                          bluscren 



2. Kemudian klik "Repair your computer", tautan yang terletak di kiri bawah layar kamu sehingga kamu harus berhati-hati. Jangan tergoda untuk mengklik tombol "Instal now" yang jelas berada di tengah layar karena itu akan membawa kamu ke instalasi baru OS Windows 10 kamu.

                           bluscren

3. Pilih untuk memulai "Troubleshoot" lalu pilih tab "Command Prompt" dalam daftar di bawah jendela "Advanced options".bluscren

4. Selanjutnya pilih akun yang sedang kamu gunakan. Ketikkan kata sandi komputer kamu jika ada. 

                              bluscren

5. Masukkan perintah ini: bootrec /rebuildbcd. Sekarang, tekan tombol "Enter". 

6. Ketika instalasi ditemukan untuk Windows, buka keyboard kamu dan tekan huruf "Y". Ini akan memungkinkannya untuk boot dari daftar dan akibatnya membangun kembali BCD sistem kamu. 

                              bluscren

7. Setelah selesai, ketik instruksi berikut, tekan "Enter" setelah setiap baris ": 

bootrec /fixmbr 

bootrec /fixboot 

                              bluscren

Metode 3: Bangun kembali Sarang Registri BCR 

Metode ini akan memperbaiki file sektor boot kamu dan membuatnya sekali lagi. Buat media yang dapat di-boot menggunakan alat untuk pembuatan media, lalu lakukan hal berikut: 

1. Media yang dapat di-boot dapat berupa drive USB atau DVD/CD sehingga kamu dapat mencolokkannya jika berupa drive atau memasukkan jika berupa CD/DVD. Hidupkan Kembali komputer kamu. 

2. Buka jendela pengaturan "BIOS" atau "Boot meu" dan setel ulang urutan boot untuk menempatkan prioritas pada media yang dapat di-boot sebagai perangkat utama untuk boot. Untuk mem-boot komputer, tekan sembarang tombol pilihan kamu. 

3. Silahkan tunggu saat file sistem dimuat sepenuhnya. 

4. Pilih apa yang kamu inginkan dan klik "Next". 

5. Pilih opsi "Repair your computer". 

6. Pilih opsi berikutnya "Troubleshoot". 
bluscren

7. Klik pada "Advanced Options"  kemudian  klik "Command Prompt" dari daftar opsi dan jika kamu diminta, pilih akun pengguna kamu dan ketik kata sandi yang telah kamu tetapkan untuk akun.

8. Sekarang di  Command Prompt, kamu ketikan perintah di bawah ini dan setelah masing-masing kode,  tekan "Enter". 

bootrec /FixMbr 
bootrec / FixBoot 
bootrec /ScanOs 
bootrec /RebuildBcd 

9. Keluar dari jendela ini, lepaskan drive, dan nyalakan ulang komputer seperti biasa.

Metode 4: Gunakan Utilitas Perbaikan Otomatis 

Windows  memiliki Automatic Repair (alat Perbaikan Otomatis) bawaan yang dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan Windows. kamu dapat mengakses utilitas dari disk instalasi dan memperbaiki kesalahan dengan langkah-langkah di bawah ini: 

1. Boot komputer kamu dari disk instalasi Windows. 

2. Pilih waktu, bahasa, dan input keyboard yang benar, lalu klik "Next". 

3. Pilih opsi "Troubleshoot" setelah mengklik "Repair your computer". 

4. Pilih "Advanced Options". 
5. Klik tombol "Automatic repair", lalu pilih OS kamu. 

Metode 5: Atur Ulang Konfigurasi BIOS/UEFI 

Kode kesalahan 0xc000000e dapat diatasi melalui pengaturan ulang konfigurasi BIOS/UEFI. 

1. Boot komputer kamu secara normal dan tekan tombol yang diperlukan untuk membawa kamu ke jendela pengaturan BIOS. Komputer yang berbeda memiliki hotkey yang berbeda untuk itu kamu bisa melihatnya disini

type tombol keyboard
Lenovo Fn+F2 / F1
Asus F2
Dell F2
HP F10
Acer F2
Toshiba F2
2. kamu bisa menggunakan tombol panah yang ada di tombol keyboard kamu untuk menemukan opsi default pengaturan BIOS. Klik opsi ini setelah kamu menemukannya dan tekan tombol "Enter" untuk memulai pengaturan ulang atau konfigurasi BIOS. 
                             bluscren
3. Menggunakan F10 sebagai tombol pintas, simpan perubahan dan keluar dari jendela pengaturan BIOS. PC kamu akan otomatis restart

Metode 6: Tandai Boot Disk sebagai Online

kamu perlu menandai disk boot komputer kamu sebagai online agar tidak gagal booting. Masukkan media USB yang dapat di-boot ke komputer Windows 10 kamu, lalu lakukan hal berikut:

1. Boot komputer kamu dari drive yang dapat di-boot yang kamu masukkan. 

2. Sekarang, masuk ke WinRE dengan memilih "Next" dan "Repair your computer" di dua layar pertama yang muncul.

3. Klik pada "Troubleshoot". Dari sini, pilih untuk pergi ke "Advanced options", lalu ketuk tombol "Command Prompt".

4. Pilih akun yang kamu gunakan dan ketikkan kata sandi akun kamu.

5. Di jendela Command Prompt, ketikkan diskpart. Ini akan meluncurkan utilitas Diskpart setelah kamu menekan "Enter" di dalam jendela ini.

6. Untuk melihat semua daftar partisi dan disk pada PC kamu, ketik perintah "list disk" atau "list volume" dan tekan tombol "Enter" untuk mengeksekusi.

7. kamu harus memilih disk atau partisi yang berisi OS kamu. Untuk melakukannya, ketik "select disk*" atau "select volume*" dan tekan tombol "Enter".

8. Untuk menandai disk atau partisi yang kamu pilih sebagai "Online", ketik instruksi "online disk " atau " online volume". Sekali lagi, tekan "Enter" untuk mengeksekusi.

9. Untuk keluar dari diskpart, masukkan "exit" dan "Enter".
tandai boot disk sebagai online

10. Tutup jendela command prompt
                                  bluscren

Metode 7: Periksa Pengaturan Dukungan WHQL Windows 8.1/10 di BIOS

Pengaturan dukungan WHQL di Windows 8.1/10 BIOS memiliki dua tujuan utama: 

1. untuk memungkinkan kamu mengaktifkan dukungan UEFI dan untuk memeriksa driver yang telah ditandatangani selama proses booting. 

2. Jika pengaturan dukungan WHQL ini tidak diaktifkan di sistem kamu, kamu harus mengaktifkannya. Ini akan memastikan komputer kamu melakukan booting dengan lancar karena pengaturan dukungan WHQL yang dinonaktifkan dapat menjadi alasan mengapa komputer kamu melakukan booting ke kode kesalahan 0xc00000e. Buka pengaturan BIOS seperti yang ditunjukkan pada metode 5 di atas dan periksa.
                                      bluscren

Metode 8: Selamatkan Data kamu dan Instal Ulang Windows

Jika semuanya gagal, kamu mungkin harus menginstal ulang OS Windows. Perhatikan bahwa menginstal ulang Windows kamu akan menghapus semuanya. kamu harus menyelamatkan data penting kamu sebelum melakukan instalasi ulang Windows. Menyelamatkan data paling baik dilakukan dengan perangkat lunak pihak ketiga dan salah satu yang sangat direkomendasikan untuk kamu adalah Recoverit Data Recovery. 

Langkah-langkah penggunaan software ini akan dijelaskan pada bagian selanjutnya. Instal ulang Windows menggunakan drive USB yang dapat di-boot yang dibuat dan langkah-langkah berikut:

1. Boot komputer kamu dari drive yang dapat di-boot dan klik "Next" pada halaman pertama yang muncul.
2. Pilih "Instal now".
                                       bluscren
3. Klik untuk menunjukkan bahwa kamu tidak memiliki kunci produk karena kamu sedang melakukan penginstalan ulang dan bukan aktivasi baru.
                                        bluscren
4. Pilih OS kamu dan pilih "Next" untuk melanjutkan.

5. Terima persyaratan lisensi dan sekali lagi, ketuk "Next".
                                        bluscren
6. Pilih "Custom: Instal Windows only (advanced)" bluscren
7. Pilih drive yang diperlukan untuk instalasi Windows 10. drive biasanya "Drive 0". Klik pada drive ini dan pilih "Hapus" untuk dapat menghapus partisi dari drive kemudian tekan "Oke".
bluscren
8. Pilih partisi kosong dan pilih "Next".
 
8. Setelah penginstalan ulang Windows selesai, kamu dapat membuat akun pengguna baru dan melakukan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cara Memulihkan Data yang Tidak Tersimpan atau Hilang Karena Kode Kesalahan 0x00000e

Recoverit Data Recovery adalah perangkat lunak pihak ketiga yang dapat digunakan untuk memulihkan data yang telah hilang atau belum disimpan dari berbagai skenario kehilangan data. Jika kamu kehilangan beberapa data atau kamu memiliki data yang belum disimpan yang tidak dapat kamu akses karena kode kesalahan 0xc00000e, Recoverit adalah alat yang ideal untuk kamu gunakan. Itu juga dapat mengambil data dari "Recycle Bin", "Sampah", drive yang diformat, perangkat penyimpanan eksternal, kartu SD yang rusak, hard drive internal, sistem yang macet, antara lain. Recoverit bekerja dengan baik dengan OS Windows, dan juga Mac OS. Ini juga dapat digunakan untuk memulihkan berbagai jenis data seperti gambar, audio, video, file zip, dll.

Dengan proses tiga langkah di bawah ini, kamu dapat menggunakan Recoverit untuk memulihkan data yang belum disimpan atau hilang karena kode kesalahan 0xc00000e:

1. Pilih Lokasi
Pilih lokasi tempat kamu ingin memulihkan file dan pilih "Start" 
2. Pindai Lokasi
Lokasi akan dipindai oleh alat setelah kamu menekan "Start". Semua data yang hilang dan tidak disimpan akan dipulihkan. 
  bluscren
3. Pratinjau dan Simpan
Klik tombol "Recover" untuk menyimpan semua data yang diambil setelah kamu meninjaunya.

Kesimpulan 

Beberapa cara di atas mungkin bisa membantu kamu mengatasi kode kesalahan 0xc00000e, tetapi dibutuhkan komitmen terhadap proses untuk memperbaiki kesalahan ini. Jika Windows 10 kamu terjadi masalah eror 0xc000000e dengan kesalahan ini, kamu telah datang ke artikel yang tepat untuk membantu memperbaikinya. Untuk data yang hilang atau belum disimpan, kamu dapat mengakses lokasinya dan memulihkannya dengan Recoverit Data Recovery.
tkutdcgutdkgfvjhvhjvjhvhvhhv