cara mengatasi blue screen windows 10 dengan cmd

cara mengatasi blue screen windows 10- Apa itu blue screen? Blue screen adalah seatu masalah yang sering muncul bagi pengguna Windows.blue screen ini

cara mengatasi blue screen windows 10

mengatasi laptop blue screen - baru ngerjakan tugas kuliah tiba-tiba laptop kamu menagalami blue screen? tentu sangat menyebalkan bukan, apalagi disuruh ngupulin tugas sekarang. jika kamu mengalami masalah ini kamu bisa simak penjelasan dari saya mengenai mengatasi blue screen windows 10.

Apa itu blue screen? Blue screen adalah seatu masalah yang sering muncul bagi  pengguna Windows.blue screen ini bisa terjadi karena beberapa hal dan biasa terjadi karena adanya  kebiasaan buruk dalam penggunaanya.

blue screen ini akan memberikan efek pada windows berupa layar berwarna biru. apakah kamu  mengalami masalaha tersebut.

Penyebab Blue Screen

Blue screen dapat terjadi karena adanya masalah di software atau hardware.hal tersebut dapat terjadi karena terdapat crash.

crash dapat terjadi karena adanya eror pada software ke windows sehingga windows berhenti dan saat itu lah laptop kamu akan melakukan restart secara otomatis.

Cara Mengatasi Blue Screen 

Jika kamu mengalami blue screen silahkan simak cara-cara berikut ini:

1.Restart komputer/laptop

cara pertama yaitu dengan me-restart komputer/laptop. ini merupakan cara pertama dan  umum digunkaan untuk mengatasi blue screen.  kamu  tinggal klik tombol restart yang tersedia untuk memulai restart. 

Apabila komputer/laptop kamu belum mengalami kerusakan yang cukup parah , maka setelah booting    komputer / laptop kamu  bisa kembali normal

2.pemulihan sistem

Cara kedua ini dilakukan jika cara pertama tidak berhasil, yaitu ketika komputer sudah melakukan booting tetapi masih sama saja berarti komputer/laptop kamu mengalami kerusakan yang cukup parah. maka,  untuk melakukan pemulihan sistem kamu bisa melakukanlangkah-langkah berikut ini. 

1. klik icon restart di pojok kiri bawah
2. kemudian klik shift sambil mengklik restart kemudian nanti akan keluar        'Choose an Option'
3. kemudian klik troubleshot
4. Pilih Advanced Options
5. Kemudian pilih System restore
6. silahkan klik akun sobat dan masuk-kan password jika menggunakan             password, kalau tidak menggunakan bisa langsung klik continue
7. Kemudian klik next
8. Klik  yang ingin dikembalikan. Pastikan dulu tanggal yang ditampilkan di sisi kiri nama sudah benar.
9.klik next
10.tunggu prosesnya selesai, untuk proses restorenya sendiri cukup memakan      waktu lama .
11. jika sudah selesai klik finish
12.kemudian komputer/laptop kmau akan melakukan retart secara otomatis         dan komputer/laptop kamu kembali normal

3.Perbaiki Sistem Operasi Windows dengan reset windows

Apabila kamu sudah menggunakan cara system restore belum berhasil, maka sebaiknya lakukan reset ulang windows. biasanya masalah ini dapat terjadi karena terdapat file corupt di windows. Untuk cara ini membutuhkan DVD operasi sistem Windows atau bisa juga dengan flasdisk. dengan melakukan reset semua data penting kamu tidak akan hillang.

4.Install  Driver

Jika  Komputer/laptop kamu masih mengalami blue screen,maka kamu harus menginstall driver.  Permasalahan seperti ini umumnya dikarenakan adanya driver yang belum terinstall . Maka dari itu,  kamu perlu  meng-instal driver di komputer/laptop  tersebut berikut cara-caranya.

1. kamu cari driver yang terdapat lambang segitiga kuning 
2. klik kanan kemudian pilih properties
3. klik detail kemudian pilih hardware Ids
4. Nanti akan muncul software yang belum terinstall tinggal kamu copykan kemudian pergi ke google cari driverpack 
5. pilih driverpack yang paling atas kemudian klik pencarian driver di pojok kanan atas
6.Kemudian pastekan driver yang kamu copy tadi kemudian klik temukan 
7. terakhir tinggal kamu install

5.update Driver

cara selanjutnya  dengan  mengupdate  driver . jika semua driver sudah terinstall tetapi masih blue screen coba dengan mengupdate driver. Permasalahan seperti ini umumnya dikarenakan adanya driver yang mengalami eror karena tidak cocok atau belum selesai  . Maka dari itu, kamu perlu meng- update driver di komputer/laptop.

6.Scan Malware 

langkah selanjutnya dengan scan malware. Karena malware bisa  menyebabkan sistem pada Windows tidak setabil. Malware juga dapat merusak perangkat-perangkan yang ada di dalam komputer/laptop . Maka dari itu, cobalah untuk  melakukan scanner antivirus terlebih dahulu. 

7.Memeriksa Hardware 

langkah selanjutnya mengatasi blue screen windows 10  dengan melakukan pemeriksaan  hardware (perangkat keras komputer / laptop). karena jika ada hardware yang rusak bisa juga pemicu terjadinya blue screen pada komputer / laptop

8.install ulang Windows 

cara yang terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan men-instal ulang windows.cara ini hampir sama dengan yang  sebelum-nya saya bahas, namun perbedaanya adalah jika kamu melakukan install ulang maka semua data baik itu Drive C, D dan yang lainya akan hilang, sedangkan dengan mereset windows di komputer/laptop kamu semua data tidak akan hilang.

cara dapat kamu lakukan untuk mengembalikan atau  membangun ulang sistem operasi Windows  komputer/laptop kamu, agar tidak lagi mengalami blue screen 

Jika semua cara diatas masih tidak bisa juga membuat komputer/laptop kamu membaik berarti ada kerusakan pada hardwarenya.

cara memperbaiki blue screen windows 10

cara mengatasi blue screen windows 10 pada laptop atau komputer yang menggunakan Windows 10 ternyata  caranya sangat mudah.yang terpenting kamu  tidak boleh langsung panik. 

  1. Melakukan troubleshoot terlebih dahulu. Cara ini dilakukan untuk memperbaiki error pada sebuah system secara otomatis. 
  2. Kamu bisa Melakukan pengecekan terhadap kode error menggunakan BluescreenView aplikasi tambahan. 
  3. Hapus semua aplikasi atau software yang tadi kamu install. Bisa jadi penyebab  justru ada pada aplikasi atau software tersebut.
  4. Menghapusan file temporary. 
  5. Meng-update sistem pada Windows 10 yang ada pada komputer atau laptop kamu. 
  6. Cek suhu perangkat keras kamu. 
  7. Menghentikan   overclocking ini biasanya dilakukan agar komputer/laptop dapat berjalan dengan cepat namun dari kelebihan tersebut bisa membuat komputer/laptop kamu rusak . kamu bisa melakukan setting ulang ke pengaturan BIOS default-nya.  
  8. Melakukan pemindaian antivirus. 
  9. Melakukan penginstalan ulang driver VGA,  juga melakukan pembaharuan ke versi terbarunya. dan harus  menyamakan dengan versi yang ada di komputer/laptop jangan sampai berbeda.
  10. Pengecekan Hardware apakah masih baik atau tidak.
Nah, berikut cara mengatasi blue screen windows 10 .cukup sekian dari saya semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi sobat teknologiku22.my.id. jika kurang paham atau ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah ya sob dan jangan lupa klik subscribe ahar tidak ketinggalan pemberitahuan perikutnya.

tkutdcgutdkgfvjhvhjvjhvhvhhv