Cara kerja mail server Secara Singkat

Cara Kerja Mail Server .prinsip kerja mail server adalah sebuah server yang bertugas untuk mengirim dan menerima pesa.
 
Cara Kerja Mail Server


Teknologiku22.my.id
   
cara
 kerja mail server  dengan adanya mail server kamu cukup klik satu kali  bisa mengirim email ke pada orang lain yang berada di tempat yang lebih jauh.

di artikel ini sobat bisa belajar dan mengenal lebih dalam tentang prinsip dan cara kerja mail server

Bagaimana Cara Kerja Mail Server Secara Singkat

apa sih itu mail server?

Mail server adalah sebuah server yang bertugas untuk mengirim dan menerima pesan.walaupun itu terlihat simpel,namun sebenarnya peroses pengirimain emailnya cukup kompleks.email yang sobat kirim akan melewati proses-proses yang rumit di mail server agar dapat terkirim ke penerima.


Cara Kerja Mail Server


Protokol mail server 

Sedangkan protokol di bagi menjadi dua yaitu: SMTP(Simple Mail Tranfer Protocol) surat keluar dan IMAP dan POP3 sebagai protocol surat masuk untuk penjelasan yang lebih detailnya mengenai SMTP,POP3 dan IMAP bisa sobat simak berikut ini:

1.SMTP(Simpel Mail Transfer Protocol)


SMTP adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim pesan dari lokal email ke server mail untuk SMTP itu sendiri dalam proses kerjanya dikontrol oleh MTA yang ada pada email server sobat.

2.POP3(Post Office Protocol)


POP3 adalah protocol server atau client   tempat di mana email yang dikirim dari server menuju email lokal.POP3 bertugas menerima dan menyimpan email untuk seseorang sampai mereka mengambilnya.

POP3 itu beberka dengan ngkontak server email sobat, lalu mendownload semua pesan dari mail lokal.ketika sobat mendownloadnya maka dia akan hilang dari server.
jika sobat memutuskan untuk melihat email sobat dengan hp yang berbeda, pesan yang sudah sobat unduh sebelumnya tidak akan ada lagi.
Itulah mengapa, salangkah baiknya sobat untuk melakukan back up terlebih dahulu.

3.IMAP (Internet Message Access)

IMAP ini memungkinkan sobat untuk dapat mengakses email sobat di manapun.
yang biasanya di akses melalui internet. di situ sobat sebenarnya tidak mengunduh ataupun menyimpan ke komputer, melainkan membaca melalui server.

Untuk sobat yang sering menggunakan berbagai hp untuk mengakses email atau sering bepergian ,admin sarankan untuk menggunakan servis email yang berbasis IMAP.

cara kerja mail server

Cara Kerja Mail Server
pada umumnya, cara kerja mail server ini mengirim dan menerima pesan yang akan memalui 5 tahap seperti berikut ini:

1. mengirim pesan

ketika sobat sudah membuat pesan di email dan mengklik tombol send/kirim,maka MUA akan mengirimkan email/pesan sobat ke penerima.selanjutnya,emial penerima/clien akan serkoneksi ke domain server sobat. untuk server sendiri bisa bernama apa saja, sebagai contoh smtp.contoh.com

2. Email clien berkomunikasi ke server SMTP

Email clien/penerima berkomunikasi dengan MTA server dengan menggunakan SMTP.
 Kemudian memberikan alamat email sobat, alamat email penerima/client, isi pesan dan juga lampiran.

3. server SMTP memproses alamat email ke clien/penerima

setelah melakukan komunikasi dengan emial cline/penerima,komponen 
MDA melalui SMTP akan memproses alamat email sipenerima/clien (terutama domain-nya). kalau nama domain sama dengan pengirim pesan,maka secara otomatis pesan akan langsung dialihkan ke server domain POP3 atau IMAP.  Namun,jika nama domainnya berbeda, server SMTP akan melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan server domain . 

4. Server SMTP Pengirim berkomunikasi dengan server dns

Agar bisa menemukan server sipenerima, MTA melalui SMTP harus berkomunikasi denganServer Nama Domain atau DNS. Nanti DNS itu akan mengambil nama email domain penerima/clien, lalu menerjemahkannya menjadi sebuah alamat IP address. Kenapa kok harus dijadikan IP address? Karena, server SMTP pengirim tidak bisa menyalurkan email dengan benar jika hanya menggunakan nama domain. Maka dari itu, dibutuhkannya alamat IP address, yang dimana merupakan sebuah nomor identitas setiap komputer yang terkoneksi ke internet. Dengan mengetahui informasi alamat IP address-nya, mail server dapat bekerja dengan lebih baik atau lebih efisien.


5. Email terkoneksi ke server SMTP

Setelah server SMTP memiliki alamat IP address sipenerima/clien, maka email yang diteruskan MDA/MTA dapat terkoneksi ke server SMTP. Proses ini tidak akan terjadi begitu saja. Karena, sebenarnya pesan yang dikirim tadi harus melewati beberapa proses SMTP, hingga sampai tujuan.

6. Server SMTP Penerima Memindai Pesan Masuk

Di tahap ini MUA memindai pesan masuk. Jika dia mengenali domain dan username pesan akan diteruskan ke sebuah server POP3 atau IMAP domain.Dari sananya, pesan    itu akan ditempatkan di antrean sendmail. Pesan akan tetap berada di antrian sendmail sampai email penerima mengizinkannya    untuk diunduh. 

Komponen-komponen mail server

    semua server email, itu terdiri dari tiga komponen yaitu MTA, MDA, dan MUA. 
untuk Setiap komponen memiliki peran spesifik dalam proses mmengelola dan memindahkan email. yuk sobat simak peran apa saja yang dimiliki oleh tiap komponen tersebut.

1. MTA (Mail Transport Agent) 

MTA merupakan komponen mail server yang bertugas menerima dan mengirim email dari komputer yang satu ke komputer yang lain. MTA memiliki peranan penting dalam sistem penanganan pesan internet. berikut tugas MTA di antara lain:
  • Menerima email.
  • memilih server email untuk mentransfer email dan Meminta catatan mail exchange
  • Mengirim pesan notifikasi jika pesan gagal sampai tujuan. 

2. MDA (Mail Delivery Agent)

MDA merupakan sebuah software komputer yang bertanggung jawab untuk mengantarkan email dari MTA sever. MDA yang dikenal sebagai LDA (Local Delivery Agent). Beberapa MTA juga dapat mengisi peran MDA ketika mereka menambahkan pesan email baru ke file pesan pengguna lokal.
 

3. MUA (Mail User Agent)

MUA merupakan aplikasi yang digunakan untuk menerima, menyusun, dan mengirim email. Contoh MUA misalnya adalah Gmail, Outlook, Yahoo dan layanan email yang lain. Beberapa MUA bisa tampak lebih grafis, seperti Outlook, Thunderbird, evolution maupun memiliki interface yang berbasis teks sederhana seperti Mutt.

jenis-jenis main server


Ada 3 jenis mail server yang dibedakan berdasarkan sistem pengoperasian dan programnya. seperti berikut:  

1. Sendmail 

Apakah sobat teknologiku22 menggunakan sistem operasi Linux? jika iya , pasti sudah sangat familiar dengan jenis mail server Sendmail ini. Sendmail  sudah ada sejak tahun 1982, Sendmail ini juga merupakan jenis mail server standar Linux. Sendmail merupakan jenis mail server yang paling banyak digunakan di dunia. Sendmail juga sangat mudah diatur dengan performa yang lumayan. Sayangnya, dari sisi keamanan-nya Sendmail masih kurang dan perlu banyak perbaikan dibanding jenis mail server lainnya yang lebih baru.  

2. Postfix Postfix

Postfix Postfix merupakan jenis mail server MTA yang dimana merupakan versi pengembangan yang lebih baik dari Sendmail. nah selian itu, Postfix tak terbatas pada sistem operasi Linux saja, tetapi bisa juga digunakan pada Mac OS X.   Postfix juga memiliki tingkat keamanan yang lebih  baik daripada Sendmail karena itulah tujuan utamanya. Selain itu, Postfix juga memiliki performa yang sangat tinggi. Sehingga, Postfix  diharap-harapkan akan menggantikan Sendmail di masa depan.  

3. Qmail 

Dari ketiga jenis mail server di artikel ini, Qmail adalah MTA(Mail Transport Agent) yang dianggap sebagai mail server teraman saat ini. Kenapa demikian?  Karena, Qmail belum mempunyai celah keamanan yang berefek negatif maupun merusak kinerjanya secara menyeluruh/keseluruhan. nah maka dari itu, adanya sebuah  penyedia email raksasa yang menggunakan Qmail seperti Hotmail dan Yahoo.


Tujuan Mail server

Fungsi mail server adalah suatu program yang digunakan untuk membantu dan mengatur agar email dapat dikirimkan oleh pengirim sekaligus dapat diterima dengan aman, cepat, dan tanpa kendala oleh penerima email. 

Tujuan dari adanya layanan mail server sendiri adalah untuk membuat jaringan transportasi email menjadi lebih lancar tanpa adanya campur tangan dari pihak luar. Selain itu, mail server juga berfungsi sebagai aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur distribusi email masuk maupun keluar. Hal ini tentu sangat penting bagi pelaku bisnis skelas perusahaan yang tidak ingin ada kebocoran data atau informasi yang bakal meenguntungkan kompetitor.

Apa Saja Kelebihan Punya Mail Server Sendiri?? 


Pada umumnya mail server di layanan email gratis dan email berbayar punya proses dan cara kerja yang sama. Perbedaan terbesarnya terletak pada kebebasan keamanan, pengaturan, dan jumlah disk space yang didapatkan-nya. Nah,berikut adalah beberapa manfaat mail server khusus untuk layanan email berbayar: 

1. Mendapat sebuah kepercayaan dari Sipelanggan Dengan menggunakan email berbayar,
sobat  dapat menggunakan mail server khusus ,dan juga  domain sendiri. Tentu , itu sangat menunjukkan profesionalisme perusahaan sobat. Sehingga nantinya, kepercayaan dari pelanggan sobat sendiri terus meningkat. 

2. Mempunyai Email yang Aman dari Virus dan Malware
Dengan memiliki mail server sendiri, sobat nantinya akan memiliki fitur-fitur keamanan tambahan. Sehingga, sobat dapat terhindar dari serangan virus, spam, malware, dan yang lainya. 

3. Membuat Email Bisnis untuk Semua Anggota Tim
 Email berbayar memungkinkan sobat memiliki sebuah  mail server sendiri dengan disk space yang lebih besar dari pada email gratisan. Artinya, sobat dan tim sobat dapat  lebih mudah dalam berkomunikasi dengan clien dan melakukan transfer data   . 

4. Meningkatkan Kualitas Privasi Data
Memiliki mail server sendiri dapat melindungi data penting perusahaan sobat. sobat jangan khawatir bahwa data email  akan digunakan pihak lain untuk memasang iklan di inbox sobat.

5. Lebih cepat ,dengan memiliki Mail Server sendiri untuk proses pengirimannya lebih cepat dari pada yang biasanya kita pakai. dapat kita analogikan  mail server sebagai kendaraan pribadi yang dimana ketika kita ingin berangkat kerja lebih cepat menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum seperti bus.  Memiliki mail server bakal meempercepat akses email maupun data-data Anda. Alhasil, komunikasi dengan klien atau antar karyawan bisa semakin efektif karena mail server hanya digunakan oleh internal perusahaan (tidak bisa digunakan publik).

6.Lebih mudah untuk mengatur Akun, dengan memiliki mail server sendiri tentu proses pengelolaan akun email akan semakin mudah. kamu bisa melakukan konfigurasi, pengaturan, hingga maintenace sesuai kebutuhan.

siapa nih... yang Ingin Punya Mail Server Sendiri? 

Itulah penjelasan mail server secara lengkap. Mail server adalah salah satu hal yang sangat  penting untuk dapat membuat proses komunikasi bisnis melalui email berjalan dengan baik. Untuk meningkatkan bisnis sobat, berlangganan email berbayar dengan mail server khusus merupakan rekomendasi terbaik. Karena, sobat dapat menikmati berbagai keuntunggan dan manfaat di atas.   

cukup sekian pembahasan kali ini mengenai Cara Kerja Mail Server. jika ada hal yang di tanyakan bisa bertanya melalui komentar di bawah ya.saya admin teknologi22 mengucapkan terima kasih atas kunjungan ,tetap pantau terus website teknologiku22.my.id 😊


tkutdcgutdkgfvjhvhjvjhvhvhhv